THE INCREASING OF HOMESTAYS’ ROOMS OCCUPANCY IN KABUPATEN SAMOSIR

Penulis : SYAHRUL


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas-aktifitas yang dilakukan pemilik homestay untuk meningkatkan tingkat hunian homestay, mengetahui pengaruh aktifitas yang ditawarkan pengelola homestay terhadap kepuasan pelanggan homestay, dan mengetahui pengaruh kenyamanan homestay terhadap kepuasan pelanggan homestay. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dimana pengujian korelasi dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows terhadap data yang diperoleh dari jawaban responden. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kausal yang menganalisis bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain dimana variabel independennya diperlakukan secara terkendali oleh peneliti untuk melihat dampaknya terhadap variabel dependen, yang menjadi variable independen adalah aktifitas yang ditawarkan pemilik homestay serta kenyamanan homestay tersebut dan variable dependen adalah kepuasan pelanggan. Responden dalam penelitian ini berasal dari tamu yang menginap di sembilan homestay di lokasi penelitian yang berjumlah 100 orang dan pemilik/pengelola sembilan homestay tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilik/pengelola homestay telah melakukan beberapa aktifitas yang memiliki daya tarik bagi tamu homestay. Sebagian besar pemilik homestay melaksanakan aktivitas bermain musik bersama para tamu homestay, selanjutnya masih terjadi kecendrungan pemilik homestay melakukan kegiatan menari bersama dan memberikan kelas memasak untuk tamu homestay. Hanya sebagian kecil saja pemilik homestay yang menawarkan aktivitas mengukir, bertenun dan bertani bagi tamu homestay. Sebenarnya kegiatan bertani memiliki potensi yang baik untuk dimanfaatkan jika dikemas secara baik. Aktivitas yang ditawarkan pengelola/pemilik homestay memiliki pengaruh positif dalam kategori sedang terhadap kepuasan pelanggan homestay. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengelola/pemilik homestay belum maksimal dalam melakukan aktivitas-aktivitas yang membuat pelanggan merasakan kepuasan yang maksimal. Kenyamanan homestay di lokasi penelitian memiliki pengaruh yang cukup tinggi terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Dari sini dapat dilihat bahwa pengelola/pemilik homestay telah mampu memberikan suasana kenyamanan yang baik bagi pelanggan yang menginap di homestay penelitian

 

Abstract (other language)

This research aims to know the activities offered by the homestays’ owners to increase the occupancies of the homestays, the impacts of the activies offered and the comforts provided toward customers satisfactions.    The data analysis used in this research is descriptive analysis and the test of the correlations precessed by using SPSS 16.0 for Windows toward data got from the respondents answers. The type of this research is causality research that analyze how a variable influences other variable, where  the variabel independent variables will be controlled by the resercher to see the impacts to the dependent variabel. The independent variables are activities offered by the homestays and the homestays’ comforts and the dependent variables are customers satisfactions. The researcher involved 100 customers of the 9 homestays as the research objects, and 9 owners/managers of the homestays. The research shows that the owners/managers of the homestays have been doing some activities that make the customers interested in enjoying, such as doing traditional dancing together even some homestays wear the customers the traditional uniforms, playing music and also offering cooking class, wood carving, knitting and farming class, eventhough only some homestays still offer some of the activities. All the activities offered by the homestays’ owners have positive impact in middle category toward customers satisfactions. It shows that the owners/managers of the homestays have not been doing the activities maximally. The comforts of the hoemstays have high impacts towards customers satisfactions. From here we can see that the owners/managers of the homestays have been giving comfortable atmosphere to the customers

Keyword :

activities, comforts, interests, satisfaction, customer

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/jurnal-akademi-pariwisata/?type=detail&id=473


Download File (PDF)