THE IMPLEMENTATION OF DIGITAL TOURISM TO IMPROVE TOURIST VISITATION IN TOURISM OBJECT AND HOTEL OCCUPANCY IN SAMOSIR REGENCY OF NORTH SUMATERA PROVINCE

Penulis : JERRY WILSON


Abstrak

E-tourism merupakan suatu konsep pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan daya guna dalam bidang pariwisata, memberikan berbagai jasa layanan pariwisata kepada customers dalam bentuk telematika, dan menjadikan penyelenggaraan pemasaran pariwisata lebih mudah diakses. E-tourism adalah sebuah perusahaan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan memberikan jasa layanan pariwisata kepada custumer secara on-line dan menjadikan penyelenggaraan pemasaran pariwisata lebih mudah di akses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi aplikasi E-Tourism bagi Objek Wisata dan Hotel yang berada di Kabupaten Samosir. Mengetahui tingkat minat wisatawan yang mengunakan media elektronik untuk mengetahui informasi Objek Wisata dan Hotel. Pengelola  Objek Wisata dan Hotel juga apakah mereka menerapkan E-tourism untuk meningkatkan pemasaran Objek Wisata dan Hotel yang mereka kelola. Begitu juga sejauhmana peran Dinas Kabupaten Samosir melaksanakan E-Tourism untuk mengembangkan Pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Samosir. Setelah melaksanakan analisis dari hasil penelitian dilapangan diketahui bahwa masayarakat sekarang telah menerima banyak kemajuan teknologi. Diketahui bahwa pawa wisatawan dan tamu hotel yang menginap sudah banyak memanfaatkan sarana Media elektronik untuk mendapatkan informasi objek wisata dan hotel hotel yang ada di Kabupaten Samosir. Begitupula pengelola hotel dan pengelola objek wisata juga memanfaatkan sarana media elektronik seperti internet, fb, instagram, google, blogspot, dan lain lain. Demikian juga dengan Dinas Kabupaten Samosir yang aktif untuk memasarkan objek wisata kabupaten samosir melalui media elektronik dan cetak serta pameran wisata di Kota besar dalam negeri maupun luar negeri seperti MATTA FAIR yang diadakan di Malaysia

 

Abstract (other language)

E-Tourism is a concept to apply information technology and communication to improve and develop tourism and service to customers in form of telematics and also to perform tourism marketing easily accessed. E-tourism is a kind of business to use information technology and communication by giving some important information about tourism to customers by online. So the marketing of tourism is much easier to access. This research is aim to find out the implementation and to find out how high is the interest of tourist to use electronic media to find out the information about Tourism Object and Hotels. As well as Local Government and Tourist Businessman, how far do they apply E-tourism to improve their tourism marketing and tourists visit. After doing some analysis, it is know that people society has already known so much about information technology. As well as tourist businessman, they market their hotel and tourism object by electronic media such as Google, facebook, instagram, WhatsApp, blogspot, and many others. Local government also applies e-tourism to market tourism of Samosir Regency in local, national and international events. For example they have an exhibitios in Malaysia Association Tourism and Travel Affair. The Local government introduces the tourism object in Samosir Regency in the exhibition. Other actions are to share many fliers and brochure in stand exhibition in many big cities in Indonesia

Keyword :

E-tourism, Tourism Object and Hotels, Tourist

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/jurnal-akademi-pariwisata/?type=detail&id=471


Download File (PDF)