THE IMPACTS OF SERVICE QUALITY TO THE HOTEL CUSTOMERS DURING STAYING IN STAR HOTELS IN PARAPAT

Penulis : SYAHRUL


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pelanggan mengenai kualitas pelayanan hotel berbintang di daerah wisata Parapat dan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan di hotel tersebut. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kausal yang menganalisis bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain dimana variabel independennya diperlakukan secara terkendali oleh peneliti untuk melihat dampaknya terhadap variabel dependen. Variable independen adalah kualitas pelayanan dan variable dependen adalah kepuasan pelanggan. Responden yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 180 orang dan mereka adalah para tamu yang menginap di beberapa hotel berbintang yang tersebar di Parapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pelanggan mendapatkan pelayanan yang melebihi harapan mereka. Kualitas pelayanan hotel memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan kategori sangat kuat terhadap kepuasan pelanggan yang mereka rasakan selama mereka menginap di hotel

 

Abstract (other language)

This research aims to identify the perceptions of the customers about the service quality of star hotels in Parapat and the impacts to the customers satisfactions during stheir staying in the hotels. This is a causal research that analyizes how a variable influences other variable  where the independent variable is controlled to see the impacts to the dependent variables. The independent variable is service quality and the dependent variable is customers satisfactions. The respondents involved in this research are 180 persons those are staying in the star hotels in Parapat. The research shows that, generally all the customers get more services than their expectations. The hotels services quality have positive impacts  and are significant in very strong category to the customers satisfactions that they feel during they are staying in the hotels

Keyword :

Service, quality, satisfaction, customer, expectation

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/jurnal-akademi-pariwisata/?type=detail&id=246


Download File (PDF)