PENGGUNAAN TEMPE KEDELAI DALAM PEMBUATAN SOSIS

Penulis : ANGGRI SAFITRI (13300950


Abstrak

Anggri Safitri (13300950). Penggunaan Tempe Dalam Pembuatan Sosis. Jurusan  Manajemen Perhotelan, Program Studi Manajemen Tata Boga, Akademi Pariwisata Medan.

 

            Sosis tempe merupakan suatu bentuk olahan yang telah dihaluskan dengan menggunakan food processor lalu dicampur dengan bahan pengisi seperti tepung tapioka, tepung terigi, minyak, telur, air es, gula dan garam dan bumbu-bumbu. Kemudian dimasukkan kedalam selongsong (cassing) setelah selesai dibungkus kemudian direbus selama 20-30 menit.

            Dalam penelitian ini teknik analisis yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode deskriptif adalah suatu cara untuk memperoleh data dengan menganalisis deskripsi/menggambarkan data dalam bentuk tabel,grafik, digram, pictogram perhitungan modius, median, mean melalui perhitungan rata-rata dan standar defiasi, perhitungan persentasi.Percobaan dilakukan dengan menggunakan recipe yang diperoleh peneliti, kemudia hasil pengolahan dilakukan uji panelis sebanyak 30 panelis, dan panelis terbagi dua bagian yaitu panelis profesional terdiri dari Kaprodi Manajemen Tata Boga dan Instruktur Pengajar Program Studi Manajen Tata Boga, dan staff F&B Produk Grand Sakura Hotel Medan, dan panelis umum dari Mahasiswa Program Studi Manajemen Tata Boga. 

             Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa dari semua indikator memiliki hasil yang baik, dan dapat diterima panelis, faktor yang paling disukai oleh panelis secara keseluruhan adalah aroma dan warna dari produk eksperimen.Tetapi dari uji organoleptik yang peneliti lakukan didapatkan bahwa pengaruh faktor tidak signifikan.

           

Kata Kunci :Sosis, Tempe, Daging Sapi.

 

Keyword :

Tempe, Daging Sapi.

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=76


Download File (PDF)