PENAMBAHAN KULIT MANGGIS PADA PEMBUATAN RAMEN

Penulis : ROBIN13300943


Abstrak

Nama : Robin, Nim : 13300943, Judul: “Penambahan Kulit Manggis Pada Pembuatan Ramen”.

 

Ramen merupakan suatu bentuk olahan yang terbuat dari tepung terigu, tepung tapioka, garam dan air, yang kemudian dicampur dan dibentuk menjadi adonan yang kalis. Kalis adalah adonan yang menyatu sempurna dan elastis. Dalam proses pengolahan ramen menggunakan berbagai macam bahan yang dicampurkan pada saat pengolahan dan alat-alat yang mendukung proses pengolahan tersebut.

Bahan dan alat tersebut merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ramen terutama pada rasanya sehingga akhirnya akan mempengaruhi tingkat kesukaan konsumen terhadap ramen. Berdasarkan uraian tersebut diatas diperlukan suatu penelitian yang dapat menganalisa faktor-faktor yang sangat berpengaruh terhadap kualitas ramen. Dalam penelitian ini faktor-faktor yang diteliti adalah komposisi dari ramen kulit manggis, dengan ramen yang berbahan standar.

Percobaan dilakukan dengan menggunakan recipe yang diperoleh peneliti, kemudian hasil pengolahan dilakukan uji panelis sebanyak 15 panelis. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi dan paling disukai oleh panelis secara keseluruhan adalah ramen berbahan standar. Tetapi dari uji organoleptik yang peneliti lakukan didapatkan bahwa pengaruh faktor tidak terlalu signifikan hanya tekstur kekenyalan dan renyah dari mie yang sangat mempengaruhi faktor dimana masyrakat medan menyukai panganan dengan tekstur mie yang kenyel dan renyah.

 

Kata Kunci : Ramen ; Manggis

Keyword :

Ramen ; Manggis

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=75


Download File (PDF)