PEMBUATAN FETTUCINE DENGAN TEPUNG MOCAF SEBAGAI BAHAN CAMPURAN DALAM MENGURANGI TEPUNG SEMOLINA

Penulis : RADEN P NAINGGOLAN 13300940


Abstrak

ABSTRAKSI

 

Pembuatan fettucine dengan tepung mocaf sebagai bahan campuran dalam mengurangi tepung semolina merupakan suatu bentuk olahan pasta yang terbuat dari tepung mocaf,tepung semolina, telur, air dan garam yang kemudian dibentuk menjadi adonan, lalu difermentasi selama satu jam, dipipihkan, dibentuk menjadi fettucine kemudian direbus dan diolah dengan berbagai macam sauce. Dalam pembuatan fettucine, tepung semolina dipakai untuk membantu untuk membuat tekstur adonan menjadi lebih kenyal dan didukung oleh minyak zaitun untuk mendukung kualitas warna. Pembuatan fettucine juga didukung peralatan dalam proses pembuatan adonan hingga pada proses pengolahannya.

Bahan dan alat tersebut merupakan faktor-faktor dalam pembuatan adonan hingga  proses pemasakan untuk menentukan kualitas dari fettucine. Berdasarkan uraian tersebut diperlukan suatu penelitian yang menganalisa faktor yang berpengaruh terhadap kualitas fettucine. Dalam penelitian ini faktor yang diteliti adalah proses fermentasi, komposisi fettucine yaitu tepung mocaf, tepung semolina, air terhadap kualitas tekstur kemudian minyak zaitun yang mempengaruhi warna. Penelitian dilakukan dengan menggunakan masing-masing faktor 2 level yaitu, pada eksperimen 1 tidak menggunakan minyak zaitun dan proses fermentasi,

Sedangkan produk eksperimen 2 menggunakan minyak zaitun dan proses fermentasi. Percobaan dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Kemudian hasil pengolahan dilakukan penilaian panelis sebanyak 25panelis dengan uji organoleptik. Dari hasil penelitian didapat bahwa yang paling berpengaruh dan paling disukai oleh panelis secara keseluruhan adalah produk eksperimen 2.

 

 

Kata Kunci : Fettucine,  Mocaf, Proses Fermentasi, Minyak zaitun, Air

 

Keyword :

Fettucine,  Mocaf, Proses Fermentasi, Minyak zaitun, Air

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=73


Download File (PDF)