PEMANFAATAN TAHU PADA PEMBUATAN TEKWAN

Penulis : PUTRI BULKAIS NASUTION 13300972


Abstrak

ABSTRAKSI

 

Tekwan adalah makanan khas Palembang yang dikenal juga sebagai sup segar bernuansa kaldu ikan. kuahnya bening, dengan isi jamur kuping, bakso ikan, soun, dan bengkuang yang diiris julienne. Kadang-kadang juga ditambahkan batang sedap malam yang dikeringkan. Di atas kuah ditaburi rajangan seledri dan bawang goreng.

Penelitian ini terdiri dari satu bentuk eksperimen dimana dalam pembuatan tekwan tahu mengganti bahan utama tekwan yaitu ikan tenggiri menjadi tahu melalui uji organoleptik berdasarkan uji hedonik atau minat panelis. Dalam penelitian ini indikator yang diteliti adalah rasa, tekstur dan aroma berdasarkan tingkat skala penilaian, 1 (untuk penilaian sangat buruk) hingga 5 (untuk penerimaan sangat baik).   Penilaian dilakukan berdasarkan komposisi bahan produk eksperimen I menggunakan tahu lebih banyak dari jumlah tepung dan produk ekperimen II menggunakan jumlah tahu dan tepung sama dimana perbandingannya adalah 1: 1.

Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan melakukan penilaian panelis melalui kuesioner yang diberikan kepada 10 panelis profesional dan 20 panelis umum. Berdasarkan penilaian panelis terhadap aspek rasa menilai produk ekperimen II lebih unggul, dimana rasa pada tekwan tahu ekperimen II penilaian panelis 76% cenderung panelis menyatakan enak, tekstur pada tekwan tahu ekperimen II peilaian panelis 30% cenderung panelis menyatakan kekenyalan sangat baik, dan aroma pada tekwan tahu ekperimen II penilaian panelis 53% cenderung panelis menyatakan sedap. Jadi tekwan tahu ekperimen II merupakan produk yang dapat di terima panelis.

 

Kata Kunci: tekwan, tahu

 

Keyword :

tekwan, tahu

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=72


Download File (PDF)