PENGGUNAAN TEMPE SEBAGAI PENGGANTI DAGING DALAM PEMBUATAN BAKSO.

Penulis : RUTH NOPALIA. NIM: 13300944


Abstrak

       Bakso berasal dari negara Cina. Kata bakso terdiri dari 2 suku kata, yaitu bak yang berarti daging babi dan so berarti sup mie. bakso dapat diartikan makanan sup mie yang ditambah daging babi yang berbentuk bulat/bola.

       Bakso atau baso adalah olahan yang menyerupai bola kecil  / Meat Ball umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, bumbu (garam, merica, gula, bawang putih), fosfat (STPP) dan air, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Adapun tujuan informal diadakannya penelitian eksperimen ini adalah sebagai berikut:

      1.Untuk mengetahui bagaimana prosedur penggunaan bahan dasar tempe dalam pembuatan bakso?

      2.Untuk mengetahui kualitas yang terdiri dari rasa, tekstur, aroma, warna pada pembuatan bakso dengan menggunakan tempe jika dibandingkan dengan daging sapi?

       3.Untuk mengetahui perbandingan biaya dalam pembuatan bakso, dengan bahan dasar tempe jika dibandingkan dengan daging sapi?

 

       Adapun metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penulisan tugas akhir ini adalah Penelitian eksperimental merupakan salah satu metode penelitian yang hasilnya bisa dikatakan akurat karena tidak memanipulasi dari semua bentuk variabel.

Dari hasil eksperimen yang telah dilakukan maka penulis merumuskan beberapa kesimpulan sebagai berikut:

       1.Didalam pembuatan bakso tempe memiliki dua cara yang berbeda yaitu: cara pertama adalah adanya proses pengolahan tempe mentah yang digoreng kemudian dicampur bersamaan dengan bahan lainnya.cara kedua adalah tanpa adanya proses pengolahan tempe mentah dicampur bersamaan dengan bahan lainnya.

 

      2.Berdasarkan uji organoleptik yang diberikan kepada panelis ahli dan panelis umum diketahui bahwa produk pembanding memang masih lebih unggul dibandingkan dengan produk eksperimen I maupun eksperimen II. Dari  kedua produk eksperimen masyarakat lebih menerima tempe yang sudah digoreng terlebih dahulu dari pada yang mentah, karena tempe mentah memiliki rasa yang dominan pahit dan berbau tengik, sedangkan tempe yang digoreng lebih wangi dan sedikit pahit.

 

       3.Untuk biaya produk eksperimen I,II dengan berat 250 gr dengan menggunakan bahan dasar tempe lebih murah harganya 2x dari pada produk pembanding

 

Keyword :

: Bakso, tempe

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=70


Download File (PDF)