PEMANFAATAN OLAHAN BUAH DELIMA MERAH SEBAGAI BAHAN DASAR MARINASI SIRLOIN STEAK.

Penulis : RYAN PUTRA HIDAYAT (13300945).


Abstrak

Steak adalah sepotong besar daging, biasanya daging sapi. Daging merah, dada ayam dan ikan seringkali dipotong menjadi steak. Kebanyakan steak dipotong tegak lurus dengan serat otot, menambah kelegitan daging. Steak biasanya dimasak dengan dipanggang, meskipun dapat digoreng. Dalam proses pembuatan sirloin steak salah satu teknik yang banyak direkomendasikan untuk membuat daging steak lebih empuk adalah dengan melakukan marinasi atau melumuri dengan bumbu dan mendiamkan steak di kulkas selama beberapa jam atau bahhkan semalaman.

            Dalam penelitian ini teknis analisis yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode deskriptif adalah suatu cara untuk memperoleh data dengan menganalisis deskripsi/menggambarkan data dalam bentuk tabel, grafik, diagram, pictogram perhitungan modius, median, mean melalui perhitungan rata-rata dan standar defiasi, perhitungan persentasi. Percobaan dilakukan dengan menggunakan recipe yang diperoleh peneliti, kemudian hasil pengolahan dilakukan uji panelis sebanyak 30 panelis, dan panelis terbagi dua bagian yaitu panelis profesional terdiri dari Kaprodi Manajemen Tata Boga dan Instruktur Pengajar Akademi Pariwisata Medan, dan staff  F&B Roland’s restoran Medan, dan panelis umum dari Mahasiswa Program Studi Manajemen Tata Boga.

            Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa dari semua indikator memiliki hasil yang baik, dan dapat diterima panelis, faktor yang paling disukai oleh panelis secara keseluruhan adalah rasa, tekstur, dan aroma dari produk eksperimen. Tetapi dari uji organoleptik yang peneliti lakukan didapatkan bahwa pengaruh faktor tidak signifikan.

 

Keyword :

Steak, Marinasi

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=69


Download File (PDF)