ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITAL TOURISM SEBAGAI PROMOSI PARIWISATA DI TOBA SAMOSIR

Penulis : DEWI YANTI


Abstrak

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan pendapatan negara dan daerah. Untuk itu diperlukan upaya dalam pengembangan pariwisata di Indonesia. Salah satu program dari pemerintah untuk meningkatkan jumlah wisatawan adalah dengan memprioritaskan pembangunan pariwisata di 10 destinasi wisata Bali baru dan salah satunya adalah Pariwisata di Danau Toba. Kabupaten Toba Samosir merupakan salah satu kabupaten yang terletak di sekitaran kawasan Danau Toba yang memiliki objek wisata menarik yang dapat dikunjungi wisatawan.  Dengan memanfatkan teknologi informasi sebagai media promosi melalui digital tourism dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisa perkembangan digital tourism yang ada di Toba Samosir sebagai salah satu cara mempromosikan pariwisata di Toba Samosir. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis SWOT dengan melihat faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang berkaitan pada perngembangan digital tourism di Toba Samosir. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh pemerintah ataupun pihak terkait dalam menentukan arah pengembangan pariwisata di digital tourism

 

Abstract (other language)

The tourism sector is one sector that has great potential to increase state and regional revenues. For this reason, development is needed in the development of tourism in Indonesia. One program from the government to increase the number of tourists is to prioritize tourism development in 10 new Bali tourist destinations and one of them is Tourism in Lake Toba. Toba Samosir Regency is one of the districts located around the Lake Toba area that has interesting tourist objects that can be visited by tourists. By utilizing information technology as a medium of promotion through digital tourism can increase the number of tourist visits to the area. The purpose of this research is to see and analyze the development of digital tourism in Toba Samosir as one of the ways to develop tourism in Toba Samosir. The analytical method used in this study is the SWOT analysis method by looking at internal factors (strengths and weaknesses) and external factors (opportunities and security) calculated in the development of digital tourism at Toba Samosir. The results of this study can be used by the government or related parties in determining the direction of tourism development in digital tourism

Keyword :

SWOT analysis, development, digital tourism

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=494


Download File (PDF)