PENGARUH KUALITAS FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UNTUK BERKUNJUNG KEMBALI DI KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN (STUDI DI BEBERAPA HOTEL BERBINTANG DI KECAMATAN BAKTI RAJA)

Penulis : EDY ERIANTO


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi yaitu tamu kerap kali komplen karena merasa tidak puas dengan kualitas fasilitas maupun pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel. Dengan masalah yang ada maka penelitian dilakukan untuk menganalisis terjadinya kesalahan tersebut dengan melihat dari pengaruh kualitas fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini digunakan penelitian kuantitatif yang tergolong ke dalam penelitian deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dari 34 orang responden, jawaban responden tersebut kemudian diolah dengan menggunakan program Statical Product and service solutions (SPSS), dengan melakukan uji validitas, uji realibilitas, uji statistic deskriptif, uji hipotesis, uji parsial, dan determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas fasilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas fasilitas mempengaruhi kepuasan pelanggan sebanyak 58,3 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada pihak yang bersangkutan agar dapat meningkatkan kualitas fasilitas yang dimiliki

 

Abstract (other language)

This research is motivated by the problem that happened is the guest complaint because they feel dissatisfied with the quality of meeting room facilities and services provided by the hotel Taman Simalem Resort. With the existing problems then the research is done to analyze the occurrence of the error by looking from the influence of the quality of meeting room facilities to customer satisfaction.In this research, quantitative research is categorized into descriptive research. The research data were collected from 34 respondents. The respondents' answers  then processed using Statical Product and Service Solutions (SPSS) program, by performing validity test, reliability test, descriptive statistic test, hypothesis test, partial test, and determination.The result of analysis shows that the quality of meeting room facility has a significant influence on customer satisfaction. Quality of meeting room facilities affect customer satisfaction as much as 58.3%. Based on the results of the study suggested to the parties concerned in order to improve the quality of facilities owned

Keyword :

quality, satisfaction, revisit

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=492


Download File (PDF)