ANALISIS PENGARUH PELAKSANAAN SERTIFIKASI KOMPETENSI SDM TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL (STUDI KASUS PADA HOTEL BERBINTANG DI KOTA BERASTAGI KABUPATEN KARO)

Penulis : M. HIRSAN HANAFI, S.SOS, M.SI


Abstrak

Bagi hotel, kompetensi adalah penting, terutama untuk hotel-hotel berbintang, dimana kompetensi itu sendiri merupakan bagian dari konsep pengembangan sumber daya manusia. Pengembangan sumber daya manusia yang baik tentunya melalui langkah-langkah strategis yang dimuat dalam rencana bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanan sertifikasi kompetensi SDM yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan pada Hotel Berbintang di Kota Berastagi Kabupaten Karo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yanjg sudah ikut sertifikasi di bidang Food and Beverage Service pada Hotel Berbintang di Kota Berastagi berjumlah sebesar 54 orang karyawan. Sehingga metode penarikan sampel digunakan dengan cara sensus, yakni jumlah keseluruhan populasi dapat dijadikan sebagai jumlah sampel dalam penelitian ini, sehingga sampel ditentukan sebesar 54 orang. Jenis Data yang disajikan bersifat Kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan rumusan masalahnya  apakah pelaksanaan sertifikasi kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Berbintang di Kota Berastagi ?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dimensi pelaksaan sertifikasi kompetensi (Pengetahuan dengan nilai thitung sebesar 2,210 dan rvalue 0,032, Keterampilan dengan pembuktian uji signifikan maka diperoleh nilai thitung sebesar 2,852 dan ρvalue = 0,006, Perilaku dengan pembuktian uji signifikan maka diperoleh nilai thitung sebesar 2,434 dan rvalue = 0,019 dan pengalaman kerja dari hasil pengujian secara signifikan dimana nilai rvalue 0,009 dan memiliki nilai thitung  = 2,715, ) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja karyawan pada Hotel Berbintang di Kota Berastagi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perbandingan antara nilai ρvalue dari masing-masing variabel kompetensi dengan kinerja karyawan, dimana diperoleh nilai ρvalue masing-masing variabel < a = 0,05. Disarankan kepada pimpinan perusahaan Hotel Berbintang di Kota Berastagi . agar dalam meningkatkan kompetensi karyawan, dengan melakukan diklat guna dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan  kepada karyawan di masa yang akan datang

 

Abstract (other language)

For hotels, competence is important, especially for star hotels, where competence itself is part of the concept of human resource development. Development of good human resources of course through the strategic steps contained in the business plan.  This study aims to determine the effect of human resource competency certification implementation that includes knowledge, skills and attitudes and work experience on employee performance at Starred Hotel in Berastagi City of Karo Regency. The population in this study is all employees who have joined the certification in the field of Food and Beverage Service at Star Hotels in Berastagi City amounted to 54 employees. So the sampling method used by the census, the total population can be used as the number of samples in this study, so the sample is determined by 54 people. Types of Data presented are in Quantitative method. Technique of data collecting by questionnaire, interview and documentation. Data analysis using simple linear regression analysis with problem formulation whether the implementation of competency certification have a significant effect on employee performance at Starred Hotel in Berastagi City ?. The results showed that the dimension of the implementation of competence (Knowledge with tcount of 2.210 and ρvalue = 0.032 with significant test proofing then Skill obtained tcount value of 2.852 and ρvalue = 0.006, Behavior with significant test proof then obtained valuertcount value of 2.434 and  = 0,019 and work experience from test result significantly where value value 0,009 and have tcount = 2,715) have a significant effect to the improvement of employee performance at Star Hotel in Berastagi City. This can be proved from the result of comparison between value ρvalue of each competence variable with employee performance, where obtained value ρvalue each variable < = 0,05.a Suggested to the head of Star Hotel company in Berastagi City. in order to improve the competence of employees, by doing training and training in order to improve knowledge and skills to employees in the future

Keyword :

implementation, competence, employee performance

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=425


Download File (PDF)