TINJAUAN TENTANG PENANGANAN WISATAWAN LANJUT USIA OLEH PEMANDU WISATA DI PT. WESLY TOUR AND TRAVEL MEDAN

Penulis : YOSI SEPTRIX SIPAYUNG 13400987


Abstrak

Yosi Septrix Sipayung. NIM: 13400987. Tinjauan tentang penanganan wisatawan lanjut usia oleh pemandu wisata di PT. Wesly Tour and Travel Medan. Tugas Akhir. Program Studi Manajemen Usaha Perjalanan, Akademi Pariwisata Medan. 2016.

            Perkembangan dunia pariwisata sangat pesat, khususnya di bagian perjalanan hal ini  mengakibatkan meningkatnya pendapatan dibidang perjalanan, maraknya minat untuk melakukan perjalanan mengakibatkan usaha-usaha yang membuka Biro Perjalanan Wisata khususnya PT. Wesly Tour and Travel yang bergerak di bidang Biro Perjalanan Wisata yang melayani jasa ticketing, paket tour,dan PT.Wesly Tour and Travel menyediakan voucher hotel yang murah untuk dijual perorangan maupun rombongan/ group yang akan menginap di hotel. Penelitian ini dilakukan bedasarkan hasil observasi yang penulis alami di PT.Wesly Tour and Travel.

       PT. Wesly Tour and travel juga menyediakan berbagai macam jenis paket yang khusus diperuntukkan kepada lansia, baik itu ready made tour maupun teller made tour dan juga menyediakan pemandu wisata yang bersifat free lens guide yang bergabung dengan anggota HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia). Untuk menjadi seorang pemandu wisata dibutuhkan skiil dan knowledge yang mampu menyampaikan informasi yang up to date kepada para wisatawan, tidak hanya informasi untuk menjadi seorang pemandu wisata dibutuhkan sikap jujur, dan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap keselamatan dan kenyamanan para wisatawan khususnya para wisatawan lansia.

         Para wisatawan lansia memiliki penanganan yang khusus dalam melakukan perjalanan, banyak yang harus diperhatikan dalam membawa para lasia untuk berwisata salah satunya ialah; kondisi fisik para lansia, jenis akomodasi yang layak untuk dipakai oleh lansia, dan pemandu juga harukan jenis memperhatikan jenis objek wisata apa yang dapat dikunjungi oleh para lansia.

         Penelitian ini penulis membahas tentang 1.Standart Opreational Procedure pemandu wisata, 2. Karateristik wisatawan lanjut usia, 3. Pelaksanaan tour yang terjadi di PT. Wesly Tour and Travel , metode yang digunakan penulis  ialah metode deskriptif bedasarkan studi kepustakaan, wawancara, angket, observasi lapangan untuk itu dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kepuasan para lansia dalam melakukan perjalanan berada pada seorang pemandu yang membawa para lansia dalam melaksanakan perjalanan.

Keyword :

Pemandu wisata, Lansia, Pelayanan 

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=300


Download File (PDF)