TINJAUAN TENTANG PROMOSI PAKET WISATA 6 HARI 5 MALAM SUMATERA OVERLAND TOUR DI PT.ELEGANT TOUR AND TRAVEL MEDAN”

Penulis : NURCAHAYA MANALU 13400947


Abstrak

Nurcahaya Manalu.Tinjauan Tentang Promosi Paket Wisata 6 hari 5 malam Sumatera Overland Tour di PT.Elegant Tour and Travel Medan. Tugas Akhir, Medan : Program Studi Manajemen Usaha Perjalanan, Akademi Pariwisata Medan, 2016.

 

PT.Elegant Tour and Travel Medan yang berlokasi Jl.A.H.Nasution  No.92 BB Medan,, merupakan PT.Elegant Tour and Travel adalah salah satu  BPW (Biro Perjalanan Wisata) yang ada di kota Medan, Sumatera Utara yang mempunyai fokus dalam menangani paket wisata, hotel dan reservasi rentcar di Sumatera. PT.Elegant Tour and Travel ini didirikan oleh Bapak Simon Bangun sebagai Owner dari travel ini sejak tahun 2008 sampai sekarang.

 

Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli untuk membeli atau mengkonsumsinya. Promosi juga merupakan suatu komunikasi pemasaran artinya aktivitas pemasaran yang berusaha meyebarkan informasi, mempengaruhi dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada suatu produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Suatu promosi sangat penting dilakukan pada suatu perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan dalam mempromosikan paket wisata, sehingga konsumen mengetahui informasi mengenai paket wisata tersebut dari promosi yang dilakukan. Tetapi untuk melaksanakan promosi tersebut perlu adanya perencanaan,agar perencanaan bisa terlaksana sesuai dengan yang direncanakan.

Karya ilmiah ini membahas masalah tentang : (1) Bagaimana usaha promosi paket wisata, (2) Bagaimana media promosi yang digunakan, (3) Bagaimana target pasar paket wisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, dan teknik pengumpulan data dengan observasi, studi kepustakaan dan wawancara.

Hasil dari penelitian karya ilmiah ini adalah masih belum optimalnya usaha promosi yang dilaksanakan  mengakibatkan  konsumen tidak mengetahui produk paket wisata yang ditawarkan, minimnya media promosi yang digunakan sehingga paket wisata kurang dikenal konsumen, serta belum optimal dalam memperhatikan target pasar yang akan dituju yang mengakibatkan paket wisata yang ditawarkan salah sasaran karena pengelompokkan target pasar yang dilakukan PT.Elegant Tour and Travel masih hanya berdasarkan demografis saja.

 

Keyword :

Promosi, Media Promosi , Target Pasar

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=298


Download File (PDF)