TINJAUAN TENTANG PENGAWASAN SUPERVISOR DI DEPARTEMEN KANTOR DEPAN PADA HOTEL INTERNASIONAL SIBAYAK BERASTAGI”

Penulis : DERMITA HOTMARIA SIMANUNGKALIT. 13100774


Abstrak

Dermita Hotmaria Simanungkalit. 13100774. Tinjauan tentang Pengawasan Supervisor di Departemen Kantor Depan pada Hotel Internasional Sibayak Berastagi. Tugas Akhir. Program Studi Manajemen Divisi Kamar. Akademi Pariwisata Medan. 2016.

 

Pengawasan pelaksanaan kerja sangat penting dilakukan oleh supervisor agar pekerjaan receptionist dapat berjalan dengan maksimal dan hasil yang diinginkan juga tercapai. Penanganan tamu harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara langsung kepada Front Office Supervisor, untuk mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan pengawasan penanganan tamu check-in yang dilakukan oleh receptionist, (2) Bagaimana pelaksanaan pengawasan penanganan keluhan tamu yang dihadapi di kantor depan, (3) Bagaimana pelaksanaan pengawasan penampilan karyawan kantor depan. Penelitian ini berkesimpulan bahwa (1) Kurang maksimalnya pengawasan yang diberikan oleh Front Office Supervisor pada penanganan tamu check-in yang dilakukan oleh receptionist, (2) Penanganan keluhan tamu masih tidak terlaksana dengan baik dan benar, (3) Tidak sesuainya penampilan karyawan kantor depan dengan standar yang ditetapkan oleh peraturan hotel. Sehingga penelitian ini memilki saran bahwa Front Office Supervisor harus lebih memahami lagi uraian tugas sebagai Front Office Supervisor untuk memeriksa dan melakukan pengawasan pada penanganan tamu check-in yang dilakukan oleh receptionist, petugas kantor depan harus mengetahui dan memahami prosedur penanganan keluhan tamu, dan mengikuti aturan hotel tentang penampilan seorang petugas kantor depan.

Keyword :

 Pengawasan, Supervisor, Prosedur

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=288


Download File (PDF)