TINJAUAN TENTANG PENANGANAN KELUHAN TAMU DI DEPARTEMEN KANTOR DEPAN PADA HOTEL INTERNASIONAL SIBAYAK BERASTAGI

Penulis : SONTA EVLIN SITORUS 13100796


Abstrak

Sonta Evlin Sitorus. NIM: 13100796. Tinjauan tentang Penanganan Keluhan Tamu di Departemen Kantor Depan pada Hotel Internasional Sibayak Berastagi. Tugas Akhir. Program Studi Manajemen Divisi Kamar, Akademi Pariwisata Medan. 2016.

 

Penanganan keluhan tamu di Departemen Kantor Depan kurang dipahami oleh Resepsionis sehingga mengakibatkan tamu merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas Resepsionis. Oleh karena itu penulis mengangkat judul untuk penanganan keluhan tamu pada Hotel Sibayak Internasional Berastagi, agar dapat menganalisis masalah yang terdapat pada Hotel Internasional Sibayak Berastagi tersebut. Dan untuk menganalisis masalah tersebut maka penulis menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan melakukan observasi langsung ke hotel terkait dan mengumpulkan data-data yang ada untuk kemudian diolah, dianalisa dan disusun secara sistematis hingga disajikan dalam bentuk tugas akhir. Selama analisis yang dilakukan penulis mengetahui prosedur dalam menangani keluhan tamu yang dilakukan oleh Resepsionis kepada tamu masih belum dilaksanakan dengan baik disebabkan kurangnya pemahaman seorang Resepsionis dalam menyikapi prosedur penanganan keluhan tamu mengakibatkan ketidakpuasan tamu dalam pelayanan yang diberikan oleh seorang Resepsionis. Sehingga pada pelaksanaan prosedur yang diterapkan oleh pihak hotel tidak berjalan dengan lancar dan tidak sesuai pada ketetapan hotel

Keyword :

Penanganan, Prosedur, Resepsionis

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=272


Download File (PDF)