TINJAUAN TENTANG PENANGANAN GUEST FOLIO PADA KANTOR DEPAN HOTEL SOFYAN SAKA MEDAN.

Penulis : EVI SUKAESIH SIMANJUNTAK : 13100777


Abstrak

Evi Sukaesih Simanjuntak. NIM: 13100777. Tinjauan tentang Penanganan Guest Folio pada Kantor Depan Hotel Sofyan Saka Medan. Tugas Akhir. Program Studi Manajemen Divisi Kamar, Akademi Pariwisata Medan, 2016.

Front Desk Agent adalah karyawan yang memiliki kemampuan dalam banyak hal ataupun tugas (multi tasking) yakni memahami dan mampu menjadi seorang Receptionist, Information Staff, dan sekaligus menjadi Front Office Cashier  untuk melayani tamu mulai dari pendaftaran (check-in), sampai tamu yang meninggalkan hotel (check-out) dan juga bertugas untuk memberikan informasi mengenai hotel kepada tamu yang membutuhkan. Salah satu yang menjadi tugas Front Desk Agent adalah mampu menangani guest folio secara baik dan akurat.

Penanganan guest folio yang kurang akurat dan kurang tepat, tidak diperbaharuinya data guest folio sehingga adanya ketidak sesuaian harga kamar yang tertera pada guest folio dengan harga kamar yang seharusnya. Karya ilmiah ini membahas tentang (1) Bagaimana uraian tugas/Job description seorang Front Desk Agent pada kantor depan (2) Bagaimana cara memperbaharui/Updating Guest folio pada kantor depan (3) Bagaimana proses check-out yang ada pada kantor depan.

Tugas akhir ini disusun penulis dengan melakukan penelitian pada Hotel Sofyan Saka Medan dengan menggunakan metode analisis deskriptif yaitu meneliti suatu permasalahan dengan landasan teori yang tepat. Tehnik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi langsung, kuesioner yang ditujukan kepada tamu , dan juga wawancara terbuka dengan Front Office Supervisor.

Berdasarkan Hasil pengolahan dan analisa data bahwa (1) Front Desk Agent cenderung melaksanakan pekerjaan nya sesuai uraian tugas yang ada pada kantor depan (2) pelaksanaan memperbaharui/updating guest folio yang dilakukan oleh Front Desk Agent masih kurang maksimal (3) kurangnya pelaksanaan updating guest folio pada kantor depan mengakibatkan proses chek-out yang kurang optimal terhadap tamu.

 

Keyword :

Penanganan, Uraian Tugas, Check-Out

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=266


Download File (PDF)