PENGGUNAAN BUMBU ARSIK SEBAGAI MARINASI SIRLOIN STEAK

Penulis : RIZKI ANANDA 13300942


Abstrak

Penggunaan Bumbu Arsik Sebagai Marinasi Sirloin  Steak”.

Sirloin steak marinasi Arsik merupakan suatu bentuk olahan steak yang dimarinasi dengan bumbu arsik dimana proses pembuatannya sama seperti pembuatan steak pada umumnya yaitu dengan cara membumbui steak dengan komposisi bumbu arsik seperti cabai, bawang merah dan putih, asam, kecombrang, jahe, kunyit, dan andaliman terlebih dahulu kemudian didiamkan 1-2 jam, semakin lama steak didiamkan dengan marinasi maka steak akan semakin empuk dan lebih berasa. Lalu kemudian di panggang dengan menggunakan griller.

Dalam penelitian ini teknis analisis yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode deskriptif adalah suatu cara untuk memperoleh data dengan menganalisis deskripsi/menggambarkan data dalam bentuk tabel, grafik, diagram, pictogram perhitungan modius, median, mean melalui perhitungan rata-rata dan standar defiasi, perhitunganpersentasi. Percobaan dilakukan dengan menggunakan recipe yang diperoleh peneliti, kemudian hasil pengolahan dilakukan uji panelis sebanyak 30 panelis, dan panelis terbagi dua bagian yaitu panelis professional terdiri dari Kaprodi Manajemen Tata Boga dan Instruktur Pengajar Program Studi Manajemen Tata Boga, dan staff kitchen danF&B Rolands Restaurant Medan, dan panelis umum dari Mahasiswa Program StudiManajemen Tata Boga.

             Dari hasil penelitian  yang  didapatkan bahwa dari semua indicator memiliki hasil yang baik, dan dapat diterima panelis, faktor yang paling disukai oleh panelis secara keseluruhan adalah rasa, tekstur, dan aroma dari produk eksperimen. Namun hasil penilaian menjadi turun ketika produk disajikan dalam keadaan tidak panas karena hal tersebut dapat mempengaruhi rasa, tekstur, aroma.

 

Keyword :

marinasi, sirloin steak, bumbuarsik

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=260


Download File (PDF)