ANALISIS SEGMENTASI PASAR PADA SALES & MARKETING DEPARTMENT DI HERMES PALACE HOTEL MEDAN

Penulis : RAHMADIANSYAH 201210058


Abstrak

Analisis Segmentasi Pasar pada Sales & Marketing Department di Hermes Palace Hotel Medan”. Di bawah bimbingan Bapak Rahmat Darmawan, SS., M.Hum dan Ibu Wanti Arum Wanti, S.Sos., MM.Par.

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa seperti hotel memerlukan perencanaan strategi pemasaran agar dapat mencapai target yang telah ditentukan. Salah satu strategi pemasaran tersebut yaitu Segmentasi Pasar. Segmentasi pasar merupakan pengelompokkan jenis-jenis pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen. Penetapan segmentasi pasar yang baik dapat membantu usaha hotel untuk memfokuskan target pasar sehingga dapat memaksimalkan tingkat hunian kamar, harga kamar rata-rata maupun pendapatan hotel. Jika segmentasi pasar telah ditetapkan dengan baik, maka implementasi terhadap segmentasi pasar tersebut merupakan hal penting sebagai wujud kebijakan yang telah ditentukan sehingga jika dilihat dari tingkat hunian kamar akan mengalami peningkatan yang stabil serta harga kamar rata-rata yang tinggi.

Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu metode dengan memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta variabel yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian data primer dan data sekunder, dimana data diperoleh secara langsung dari objek penelitian, yaitu dengan melakukan wawancara terhadap General Manager dan Sales Manager selaku informan , serta pengamatan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi serta sumber-sumber  lain atau literatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diajukan dalam penelitian.

Berdasarkan hasil analisis data wawancara dan dokumentasi bahwa kebijakan terhadap segmentasi pasar belum ditetapkan secara optimal oleh manajemen hotel karena dikelola sepenuhnya oleh Beencoolen. DiIain sisi, Implementasi terhadap segmentasi pasar  belum optimal  karena sales person cenderung tidak efektif dalam memfokuskan segmen pasar pada periode tertentu, seperti periode liburan, rapat tahunan, dan lain sebagainya.

Peneliti menyarankan kepada perusahaan hotel agar dapat turut andil dalam menetapkan kebijakan terhadap segmentasi pasar, mengimplementasikan segmentasi pasar dengan memfokuskan target segmen pasar melalui perluasan dan penguatan pasar potensial, serta peningkatan volume penjualan terhadap segmen pasar yang cenderung meningkat dari segi tingkat hunian kamar dan memiliki harga kamar rata-rata yang tinggi.

 

 

Abstract (other language)

Market Segmentation Analysis on Sales & Marketing Department at the Hermes Palace Hotel Medan". Under the guidance of Mr. Rahmat Darmawan, SS., Hum and Mrs. Wanti Arum Wanti, S. Sos., MM.Par.

Companies engaged in services such as hotels require planning marketing strategies in order to achieve the set targets. One of the marketing strategies is Market Segmentation. Market segmentation is grouping the types heterogeneous market into homogeneous market. Determination of market segmentation can help focus the efforts for the target market in order to maximize occupancy, average room rates and hotel revenues. If the market segmentation has been set properly, then the implementation of the segmentation of the market is important as a form of policy that has been determined so that when viewed from the occupancy will experience a steady increase and the average room price will be high.

In this research, the method used is descriptive method that provides an overview of the methods by systematic, factual and accurate about the facts of the variables studied. Data collected by the research of primary data and secondary data, where data obtained directly from the object of research, namely by conducting interviews with General Manager and Sales Manager as key informan, and observations. While secondary data obtained from the documentation as well as other sources or literature relating to issues raised in the study.

Based on the analysis of interviews and documentation that the policy toward market segmentation has not been set optimally by the hotel management because it is managed entirely by Beencoolen. On the other hand, the implementation of market segmentation is not optimal because the sales person tends to be ineffective in the market segments focusing on a specific period, such as holiday periods, annual meetings, and so on.

Researchers suggest the hotel company to be able to take part in setting policy toward market segmentation, implement segmentation of the market by focusing on targeted market segments through the expansion and strengthening of the potential market, as well as increased volume of sales to this segment of the market that is likely to increase in terms of occupancy and has high average  room rate .
 

Keyword :

Analisis, Segmentasi pasar, Kebijakan, Implementasi, Tingkat   hunian kamar,  Harga kamar rata-rata.

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=259


Download File (PDF)