PERANAN PELAYANAN RECEPTIONIST DALAM MENINGKATKAN HUNIAN KAMAR DI HOTEL PUTRA MULIA MEDAN

Penulis : MAMUJUR P LUBIS :201010004


Abstrak

Peranan Pelayanan Receptionist Dalam Meningkatkan Hunian Kamar Di Hotel Putra Mulia Medan. Proyek Akhir Jurusan Manajemen Hospitaliti, Program Studi Administrasi Hotel, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung 2015.

       Putra Mulia Hotel Medan merupakan salah satu hotel berbintang 3 di kota Medan. Permintaan yang meningkatkan terhadap kebutuhan penginapan dan kegiatan meeting tidak diimbangi dengan jumlah tamu yang menginap di Putra Mulia Hotel Medan yang disebabkan oleh banyaknya jumlah hotel di kota Medan dengan fasilitas yang lebih baik. Sehingga pihak manajemen perlu meninjau kembali strategi pemasarannya dan masalah internal hotel.

       Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pertumbuhan hotel di Kota Medan yang tinggi yang tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah wisatawan yang seimbang. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi jumlah pengunjung yang menginap di hotel. Penyedia layanan perhotelan harus menyiapkan strategi terbaik untuk menarik konsumen menjadi semakin memiliki banyak pilihan.

       Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan yang dipertanyakan dalam penelitian ini, yaitu mengetahui peranan reception dalam meningkatkan hunian kamar di Putra Mulia Hotel Medan.

       Penulisan laporan Proyek Akhir ini disajikan secara deskripitif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan peranan receptionist dalam meningkatkan hunian kamar di Putra Mulia Hotel Medan. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumen, wawancara, observasi dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian di analisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.

       Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan receptionist dalam memberikan pelayanan terhadap tamu-tamu di Putra Mulia Hotel Medan dapat ditunjukkan melalui kecakapan, murah senyum, disiplin, orientasi dalam kerja dan kredibilitas yang dijadikan acuan.  

       Disamping itu tingkat efisiensi kerja dan efektifitas kerja juga menjadi salah satu pengunjung bagi peningkatan operasional kerja receptionist di Putra Mulia Hotel Medan. Meskipun demikian untuk kasus-kasus tertentu masih ditemukan kekurangan - kekurangan di dalam memberikan pelayanan yang terbaik terhadap tamu-tamu di Putra Mulia Hotel Medan.

       Kesimpulan yang dapat diambil bahwa tingkat mekanisme kerja dan peranan receptionist dalam meningkatkan pelayanan pada tamu serta menunjang kelancaran tugas di Putra Mulia Hotel Medan perlu adanya peningkatan.

 

 

Abstract (other language)

. The Role Of Receptionist Service In Increasing Occupancy in Putra Mulia Hotel Medan. Final Project Hospitality Management, The Program Study Hotel Administration, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung 2015.

       Putra Mulia Hotel Medan is a 3 star hotel in Medan. Increased demand or lodging and activities meetings needs not balanced by the number of hotels in Medan with better facilities. So that management needs to review its marketing strategy and internal Problems.

       This research is motivated by the growth rate in the city of Medan high is not matched by an increase in the number of tourists that a balanced. This of course will affect the number of visitors staying in hotels. Hospitality service providers have to prepare the best strategy to attract consumers, because with the advent of new hotels, consumers are becoming increasingly have many options.

       This study aims to answer the issues in question in this research is to know the role of reception in creasing occupancy at Putra Mulia Hotel Medan.

       Writing final project report is presented in descpriptive qualitative to obtain a variety of information related to the role of reception in increasing occupancy at Putra Mulia Hotel Medan. Methods of data collection using the study of documents, interview, observation and literature. The data obtained and analyzed qualitatively and presented descriptively.

       The results showed tha the role of receptionist in providing services to the guest at Putra Mulia Hotel Medan can be shown through skill, smilling, discipline, orientation in the work and credibility that made reference.

       Besides, the level of work efficiency and effectiveness also became one of supporting the operational improvement in the reception work at Putra Mulia Hotel Medan.

       The conclusion can be drawn that the level of the mechanism of action and the role of receptionist in improving services to guests as well as support the task at Putra Mulia Hotel Medan is need for improvement.  

 

Keyword :

Planning Service Receptionist

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=256


Download File (PDF)