PERANAN REKRUTMEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA DEPARTEMEN HOUSEKEEPING DI HOTEL GARUDA PLAZA MEDAN

Penulis : RASTRA RAMADHAN PUTRA : 201210059


Abstrak

Peranan rekrutmen dalam meningkatkan kinerja karyawan pada departemen housekeeping di hotel garuda plaza medan. Program Studi Administrasi Hotel 2016.

            Rekrutmen merupakan proses pencarian calon karyawan yang memenuhi syarat dalam jumlah dan jenis yang dibutuhkan. Penarikan tenaga kerja berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kerja sesuai dengan jumlah dan kualitasnya, baik dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian dengan menggambarkan serta menginterpretasi suatu objek sesuai dengan kenyataan yang ada atau suatu metode dalam meneliti suatu/sekelompok manusia atau objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa tertentu. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil analisis data penulis menemukan bahwa rekrutmen mempunyai peranan dalam kinerja karyawan pada departemen housekeeping di Hotel Garuda Plaza Medan, terutama sumber rekrutmen karyawan, karena spesifikasi kandidat menentukan dasar kinerja, lalu manajemen hanya menekankan pada rekrutmen eksternal dan sebatas tiga kategori saja, padahal rekrutmen internal juga perlu dipertimbangkan karena sudah mengetahui kinerja karyawan internal.

 

Abstract (other language)

Recruitment role in improving the performance of employees on housekeeping department at Garuda Plaza Hotel Medan. Hotel Administration Study Program 2016.

            Recruitment is the process of finding qualified candidates in the number and type required. Recruiting of labor regard to meeting the needs of workers in accordance to the quantity and quality, both in the short, medium and long term.

            The research method used by writer is descriptive study using a qualitative approach, the research to describe and interpret an object in accordance with the existing reality or a method in researching a or group of people or an object, a set of conditions, a system of thought or a class of events on certain period. The collection of data through observation, interviews and documentation.

From the results of data analysis the authors found that the recruitment has a role in the performance of employees in the housekeeping department at Garuda Plaza Hotel Medan, mainly sourcing the recruitment of employees, candidate’s profile determine their performance, management emphasize only on external recruitment and limited to only three categories, though the internal recruitment should also be considered because already knows the internal employee performance.

 

Keyword :

recruitment, performance

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=255


Download File (PDF)