PENGGUNAAN KENTANG SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN PADA PEMBUATAN PEMPEK

Penulis : DESI EVELINA PASARIBU 13300958


Abstrak

PENGGUNAAN KENTANG SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN PADA PEMBUATAN PEMPEK”. Tugas Akhir Manajemen Perhotelan, Jurusan Manajemen Tata Boga, Akademi Pariwisata Medan.

Pempek adalah suatu makan yang berbahan dasarkan dari bahan ikan yang dicampurkan dengan tepung sagu, air dan juga bumbu seperti bawang putih. Pempek umumnya di rebus setelah itu dapat dinikmati juga dengan proses penggorengan. Pempek dapat dinikamti dengan saus atau yang lebih dikenal dengan cuko yang terbuat dari guka merah, bumbu seperti bawang putih, ebi, cabe rawit.

Dalam penelitian ini pempek akan dibuat dengan menggunakan bahan tambahan yaitu kentang untuk menambahkan nilai gizi pada pempek dan juga menambahkan tekstur yang lebih baik lagi.  Sehubungan dengan masalah yang telah dibahas, maka penulis mengemukakan tiga pertanyaan penelitian antara lain yaitu: (1).Untuk mengetahui proses pembuatan pempek yang menggunakan bahan tambahan kentang. (2) Untuk mengetahui hasil pendapat dari beberapa panelis terhadap pembuatan pempek menggunakan bahan tambahan kentang.

(3) Mengetahui kandungan gizi yang terkandung dalam pempek yang menggunakan bahan tambahan kentang. Percobaan dilakukan dengan menggunakan penelitian experiment. Kemudian hasil pengolahan akan dilakukan uji responden sebanyak 30 responden yang melakukan uji organoleptik yang terdiri dari 10 panelis ahli dan profesional, sedanggkan panelis umum seebanyak 20 panelis. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor yang paling berpengaruh dan paling mendekati dengan produk pembanding adalah dengan menggunakan kentang sebanyak 75% yang mengasilkan tekstur,warna,aroma dan rasa yang bagus.

 

Keyword :

 Pempek, Kentang.

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=252


Download File (PDF)