PENGGUNAAN ASAM CIKALA SEBAGAI ALTERNATIF ASAM BALAKKA PADA PEMBUATAN HOLAT

Penulis : AMIRUL HADI MENDROFA 13300919


Abstrak

Penggunaan Asam Cikala Sebagai Alternatif Asam Balakka Pada Pembuatan Holat”

Holat merupakan makanan khas batak yang terbuat dari ikan mas bakar dengan kuah yang diolah dari buah balakka, buah balakka adalah buah yang dapat di jumpai di daerah tapanuli selatan. Holat menggunakan bumbu yang cukup umum di dapur seperti bawang merah, jahe, dan beras, beberapa bahan harus di haluskan lalu dijadikan kuah kaldu lalu di berkian serutan dari kulit kayu balakka sebagai pelengkapnya.

Bahan dan alat  sangat mendukung dan dapat mempengaruhi proses pembuatan holat terutama rasa, tekstur, aroma, dan warna  sehingga akhirnya dapat mempengaruhi tingkat kesukaan konsumen terhadap holat. Berdasarkan uraian tersebut di atas diperlukan suatu penelitian yang menganalisa faktor yang berpengaruh terhadap kualitas holat. Dalam penelitian ini faktor yang di teliti adalah komposisi dari holat yang menggunakan cikala, dengan holat yang menggunakan asam balakka.

Percobaan dilakukan dengan menggunakan resep yang diperoleh peneliti kemudian hasil pengolahan dilakukan uji panelis sebanyak 15 panelis. Dan dilakukan pengumpulan data berupa kuisioner sehingga Dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor yang paling berpengaruh dan paling disukai oleh panelis secara keseluruhan adalah holat dengan asam balakka. Tetapi uji organoleptik yang peneliti lakukan didapatkan bahwa pengaruh tidak terlalu signifikan hanya rasa asam yang mempengaruhi faktor dimana masyarakat Medan menyukai panganan dengan rasa masakan yang asam.

Keyword :

Holat, Asam Balakka, Asam Cikala

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=248


Download File (PDF)