PEMBUATAN PASTA DENGAN MENGGUNAKAN UBI JALAR UNGU

Penulis : AUZILIA SAUSAN NASUTION, NIM: 13300920


Abstrak

Pembuatan Pasta Dengan Menggunakan Ubi Jalar Ungu”.

 

Pasta merupakan salah satu makanan khas Italia dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Berbahan dasar tepung semolina, telur, minyak zaitun, dan garam. Pembuatan pasta dengan menambahkan ubi jalar ungu sebagai tujuan untuk mengurangi penggunaan tepung semolina dan juga untuk memberi warna serta gizi pada pasta. Dalam pembuatan pasta, tepung semolina berfungsi untuk menambah elastisitas pasta menjadi lebih kenyal dibandingkan dengan tepung terigu biasa, karena semolina merupakan hasil gilingan biji gandum durum yang dicampurkan dengan telur sehingga berwarna kuning cerah.

Pembuatan pasta juga didukung dengan beberapa peralatan dalam proses pembuatan adonan hingga pada proses pengolahannya. Bahan dan alat tersebut merupakan faktor-faktor penentu kualitas pasta, karena bahan yang bagus serta alat yang memadai sangat menentukan hasil akhir dari pembuatan pasta. Berdasarkan uraian tersebut diatas, diperlukan suatu penelitian yang menganalisa faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pasta. Dalam penelitian ini, faktor yang diteliti adalah komposisi perbandingan antara tepung semolina dan juga ubi jalar ungu yang digunakan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan masing-masing faktor 2 level, yaitu tepung semolina dengan tepung ubi jalar ungu dengan perbandingan (1:1) dan juga tepung semolina dengan puree ubi jalar ungu dengan perbandingan (2:1).

Percobaan dilakukan dengan menggunakan recipe yang diperoleh peneliti, kemudian hasil pengolahan dilakukan uji panelis sebanyak 15 panelis. Dari hasil penelitian didapat bahwa faktor yang paling berpengaruh dan paling disukai oleh panelis secara keseluruhan adalah eksperimen kedua, yaitu pasta yang dicampurkan dengan puree ubi jalar ungu, dikarenakan memiliki warna yang lebih menarik. Tetapi dari uji organoleptik didapatkan bahwa pengaruh faktor tidak terlalu signifikan.

 

 

Keyword :

Pasta, Ubi Jalar Ungu

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=247


Download File (PDF)