TINJAUAN TENTANG PENGELOLAAN FASILITAS WISATA DI OBJEK WISATA PANTAI BOSUR, KABUPATEN TAPANULI TENGAH, PROVINSI SUMATERA UTARA

Penulis : ABDURRAUF PUTRA DIRWA. NIM: 13500928


Abstrak

. Tinjauan Tentang Pengelolaan Fasilitas Wisata di Objek Wisata Pantai Bosur, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Program Studi Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata, Akademi Pariwisata Medan. 2016.

            Pariwisata pasti akan bercerita tentang objek wisata yang didalamnya dilengkapi dengan fasilitas wisata. Tetapi fasilitas wisata tidak hanya dilengkapi, fasilitas haruslah diperhatikan dan dikelola dengan baik. Pengelolaan fasilitas tidak dapat dilakukan oleh satu pihak, pemerintah dan masyarakat harus bersinergi dalam pengelolaan objek wisata terutama dalam hal pengelolaan fasilitas. Sehingga tidak adanya fasilitas yang terbengkalai, dan pengunjung juga dapat menikmati fasilitas yang telah disediakan di objek wisata tersebut.Metode yang digunakan penulis didalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yaitu metode penelitian yang bertujuan mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap suatu objek penelitian yang diteliti melalui sampel atau data yang telah terkumpul dan membuat kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa observasi, kuesioner, wawancara maupun studi kepustakaan.Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pola pikir mahasiswa dalam menganalisis masalah yang ada dan mencari solusi dengan teori-teori yang di dapat pada masa perkuliahan. Adapun hasil analisis menunjukkan bahwa pihak pemerintah dan masyarakat masih belum bersinergi dalam pengelolaan Pantai Bosur terutama dalam hal fasilitas. Sehingga penulis perlu mengangkat judul tentang pengelolaan untuk menganalisis masalah yang terjadi terkait pengelolaan fasilitas wisata di objek wisata Pantai Bosur.

 

Kata Kunci : Pengelolaan, Fasilitas, Pemerintah, Masyarakat

 

 

Keyword :

Pengelolaan, Fasilitas, Pemerintah, Masyarakat

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=128


Download File (PDF)