TINJAUAN TENTANG PENGEMBANGAN FASILITAS WISATA AIR TERJUN JANJI DI KECAMATAN BAKTI RAJA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN SUMATERA UTARA.

Penulis : LASMAULI SIHOMBING, NIM : 13500942,


Abstrak

Tinjauan Tentang Pengembangan Fasilitas Wisata Air Terjun Janji Di Kecamatan Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara. Tugas Akhir, Medan. Program Studi Managemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata, Akademi Pariwisata Medan 2016.

Objek Wisata yang memiliki daya tarik yang baik seringkali belum didukung dengan fasilitas yang baik yang mampu memberikan kepuasan kepada Pengunjung yang datang ke objek wisata tersebut. Para pihak pengelola tidak memanfaatkan keunggulan dari objek wisata tersebut dengan memberikan fasilitas dan pelayanan yang baik dimana pihak pengelola belum mampu mengemas dan mengembangkan objek yang bertujuan untuk memberi kepuasan kepada pengunjung. Sebuah objek wisata juga harus memiliki daya tarik wisata yang dapat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan harus memenuhi syarat-syarat untuk pengembangan daerahnya, syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut: 1. What to see. Di tempat tersebut harus ada objek dan atraksi wisata yang berbeda dengan yang dimiliki daerah lain. Dengan kata lain daerah tersebut harus memiliki daya tarik khusus dan atraksi budaya yang dapat dijadikan”entertainment” bagi wisatawan. What to see meliputi pemandangan alam, kegiatan, kesenian, dan atraksi wisata. 2. What to do. Tempat tersebut harus tersedia fasilitas untuk berbelanja terutama barang souvenir dan kerajinan tangan sebagai oleh-oleh di bawa pulang ketempat asal. 3. What to arrived Di dalamnya termasuk aksesbilitas, bagaimana kita mengunjungi daya tarik wisata tersebut, kendaraan apa yang akan digunakan dan beberapa lama tiba ketempat tujuan wisata tersebut. 4. Wahat to stay.Bagaimana wisatawan akan tinggal untuk sementara selama dia berlibur. Diperlukan penginapan-penginapan baik hotel berbintang atau hotel non berbintang dan sebagainya.

Pada saat ini peneliti melakukan penelitian tentang fasilitas di objek wisata Air Terjun Janji Kecamatan Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara. Sebuah fasilitas tidak akan dapat dikembangkan atau pun dibangun oleh pihak pengelola jika tidak memiliki dana. Hal inilah yang membuat fasilitas di objek wisata Air Terjun Janji masih belum cukup memadai dan belum mampu memberi kepuasan kepada pengunjung yang berkunjung.

Hasil analisis karya ilmiah ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak baik masyarakat dan pemerintah.

Kata Kunci. Entertainment, Fasilitas, Kepuasan Pengunjung

 

Keyword :

Entertainment, Fasilitas, Kepuasan Pengunjung 

URL :

http://repository.poltekparmedan.ac.id/?type=detail&id=126


Download File (PDF)